Jangan Salah Pilih, Ini Perbedaan Jenjang S1 dan D4

oleh | Okt 13, 2023 | Info

Jangan Salah Pilih, Ini Perbedaan Jenjang S1 dan D4

Berbicara tentang jenjang pendidikan di perkuliahan, ada Sarjana dan Diploma. Nah, sama-sama durasi pendidikannya 4 tahun, kok ada perbedaan jenjang S1 dan D4 ya?

D4 sendiri adalah sarjana terapan dengan jenjang diploma yang setara dengan program sarjana atau S1. Sarjana terapan bisa kamu peroleh saat menempuh Pendidikan D4 juga merupakan jenjang pendidikan vokasi. Sedangkan untuk sarjana sendiri adalah jenjang pendidikan akademik.

Lebih lanjut, kita akan rinci perbedaannya sebagai berikut.

1. Sistem Pembelajaran

apa beda sarjana dan diploma

Sistem pembelajaran antara S1 dan D4 berbeda nih guys, terutama perbedaan di mata kuliahnya. Mata kuliah S1 menitikberatkan pada 60% teori dan 40% praktek. Sementara D4 mengutamakan 60% praktek dan 40% teori.

2. Perbedaan Jenjang S1 dan D4 pada Orientasi Lulusan

penelitian kuliah adalah

Perbedaan selanjutnya yaitu orientasi setelah lulus kuliah. Untuk program Diploma 4 (D4) akan menjadi lulusan yang terampil, kompeten, dan siap kerja sesuai jurusannya. Sedangkan untuk lulusan S1 akan menjadi tenaga analis & riset, jadi lebih mengarah ke akademis atau professional.

3. Syarat Kelulusan

pekerjaan lulusan diploma

Syarat kelulusan terbaru untuk jenjang S1 dan D4 menurut Permendikbudristek No. 53 tahun 2023 yang awalnya skripsi dan tugas akhir berganti menjadi project-based learning dan asesmen yang sesuai kebijakan masing-masing perguruan tinggi.

4. Prospek Kerja

pekerjaan jurusan biologi murni

Baik D4 dan S1 sebenarnya memiliki keunggulan masing-masing yang akan bersaing di dunia kerja. Lulusan D4 cenderung berkarir di bidang yang perlu menghasilkan karya, seperti jurusan teknik, bisnis, hingga desain. Untuk jenjang S1 lebih memiliki keleluasaan di bidang karir sesuai dengan jurusan masing-masing.

5. Perbedaan Jenjang S1 dan D4 pada Gelar

penulisan gelar diploma

Perbedaan selanjutnya berada pada gelar yang akan kamu peroleh. Lulusan S1 akan mendapatkan gelar sesuai dengan program studi atau jurusan yang ditempuhnya. Misalnya S.H. untuk Sarjana Hukum, S.Psi. untuk Sarjana Psikologi. Sedangkan untuk lulusan D4 akan mendapatkan gelar Sarjana Sains Terapan atau S.Tr. yang  diikuti dengan program atau bidang studi yang  diambilnya.

6. Studi Lanjutan

apakah d4 bisa lanjut s2 umum

Untuk lulusan S1, studi lanjutannya yaitu ke jenjang Magister (S2). Sedangkan untuk mahasiswa D4, bisa melanjutkan studi ke Spesialis atau S2 Terapan sesuai ketentuan masing-masing Perguruan Tinggi.

 

Gimana guys? Jadi paham kan apa perbedaan kedua jenjang tersebut? Nah, semoga ulasan ini membantu kamu untuk memilih jenjang studi S1 atau D4 sih yang cocok untukmu.

Catat! Ini Syarat dan Jadwal Lengkap Jalur Mandiri UNAIR 2024

Catat! Ini Syarat dan Jadwal Lengkap Jalur Mandiri UNAIR 2024

Universitas Airlangga (Unair) Surabaya telah mengumumkan jadwal Seleksi Mandiri Universitas Airlangga (SMUA). Ada empat jalur yang bisa dipilih, dengan jadwal yang berbeda-beda. Namun peserta bisa mendaftar lebih dari satu jalur mandiri. Nah, ini dia jadwal dan syarat...

Kenali Tipe Soal SNBT 2024 Lewat TryOut Online Gratis

Kenali Tipe Soal SNBT 2024 Lewat TryOut Online Gratis

Hallo Para Pejuang SNBT! Tes SNBT 2024 semakin dekat nih, gimana persiapan temen-temen dalam menghadapi UTBK nanti? Sudah siapkah menghadapi tipe soal snbt 2024, atau bingung, atau belum siap? Wah, jangan sampai sebelum berperang nanti, kamu belum menyiapkan kondisi...

Lengkap! Ini 74 Lokasi Tes SNBT 2024 di Tiap Provinsi

Lengkap! Ini 74 Lokasi Tes SNBT 2024 di Tiap Provinsi

Di akhir Maret 2024 ini, pendaftaran SNBT akan dimulai. Masih banyak nih guys yang bingung lokasi tes SNBT 2024 itu di kampus tujuan atau dekat sama domisili sih? Yang Betul dekat dengan domisili ya guys meski kampus impianmu di provinsi lain. Nah, kampus-kampus mana...

Taklukkan Tantangan untuk Persiapan Ujian Masuk Kedokteran Unair

Taklukkan Tantangan untuk Persiapan Ujian Masuk Kedokteran Unair

Menjadi salah satu Universitas Terbaik dengan jurusan kedokteran yang unggul, membuat Universitas Airlangga menjadi tujuan siswa-siswi SMA yang bercita-cita menjadi dokter. Persaingan di jurusan kedokteran semakin tahun juga semakin ketat, sehingga butuh persiapan...

Ikuti Program Persiapan UTBK-SNBT 2023 Kami

FREE TRYOUT

Latihan Soal Ujian SNBT 2023.

PAKET BIMBEL

Bimbel Masuk PTN SNBT 2023.