Apakah Skripsi akan Dihapus? Ini Fakta-Faktanya!

oleh | Agu 31, 2023 | News

Apakah Skripsi akan Dihapus? Ini Fakta-Faktanya!

Menteri Pendidikan Nadiem Makarim pada Selasa (29/8) menjelaskan bahwa tidak semua prodi atau jurusan perguruan tinggi bisa mengukur kompetensi mahasiswa S1 dan D4 hanya dari skripsi. Lalu apakah skripsi akan dihapus?

Nadiem mencontohkan, prodi vokasi akan lebih cocok dengan tugas akhir seperti proyek, profil, dan lainnya. Setiap kepala prodi punya kebebasan untuk menentukan bagaimana mengukur standar capaian kelulusan peserta didik mereka.

Secara formal, ketentuan apakah skripsi akan di hapus termuat dalam aturan baru dalam Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan, riset dan Teknologi Nomor 53 Tahun 2023 Tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.

skripsi dihapuskan nadiem

Sementara untuk jenjang pascasarjana, yaitu S2, magister terapan, S3, dan doktor terapan masih mendapatkan tugas akhir. Meski sifatnya wajib, hasil penelitian tidak wajib terbit di jurnal.

“Tidak hanya skripsi atau disertasi. Bukan berarti tidak bisa tesis atau disertasi, tetapi keputusan ini ada di masing-masing perguruan tinggi,” kata Nadiem.

Nadiem menjelaskan, seharusnya setiap kepala prodi punya kemerdekaan untuk menentukan bagaimana cara pihaknya mengukur standar capaian kelulusan mahasiswa. Untuk itu, kini standar terkait capaian lulusan ini tidak di jabarkan secara rinci lagi di Standar Nasional Pendidikan tinggi.

“Perguruan tinggi dapat merumuskan kompetensi sikap dan keterampilan secara terintegrasi,” ucapnya.

Harapannya, tiap prodi dapat lebih leluasa menentukan syarat kompetensi lulusan lewat skripsi ataupun bentuk lainnya.

“Dalam akademik juga sama. Misalnya kemampuan orang dalam konservasi lingkungan, apakah yang mau kita tes itu kemampuan mereka menulis atau skripsi secara scientific? Atau yang mau kita tes adalah kemampuan dia mengimplementasi project di lapangan? Ini harusnya bukan Kemendikbudristek yang menentukan,” katanya.

 

Perbedaan Aturan Skripsi Lama dan Terbaru

Aturan Lama

pertanyaan sidang skripsi

  • Rumusan kompetensi sikap, pengetahuan umum, dan keterampilan umum dijabarkan terpisah dan secara rinci
  • Mahasiswa sarjana atau sarjana terapan wajib membuat skripsi
  • Mahasiswa magister atau magister terapan wajib menerbitkan makalah di jurnal ilmiah terakreditasi
  • Mahasiswa doktor atau doktor terapan wajib menerbitkan makalah di jurnal internasional yang memiliki reputasi.

 

Aturan Baru

apakah benar skripsi akan dihapus

  • Kompetensi tidak dijabarkan secara rinci lagi
  • Perguruan tinggi bisa merumuskan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara terintegrasi
  • Tugas akhir bisa memiliki bentuk prototipe, proyek, atau bentuk lainnya, tidak hanya skripsi, tesis, atau disertasi
  • Jika program studi sarjana atau sarjana terapan sudah menerapkan kurikulum berbasis proyek atau dalam bentuk sejenis, maka tugas akhir tidak lagi sifatnya wajib
  • Mahasiswa program magister, magister terapan, doktor, maupun doktor terapan wajib diberi tugas akhir, tetapi tidak wajib terbit di jurnal.

 

Gimana guys, setuju nggak mengenai kebijakan ini? Terlepas apakah skripsi akan dihapus atau tidak, semoga dengan adanya sistem yang baru, kita sebagai mahasiswa masih semangat dalam menempuh pendidikan tinggi dan membuat tugas akhir ataupun penelitian terbaik untuk kemajuan negara Indonesia.

 

Sumber:

sampaijauh.com

detik.com

 

Catat! Ini Syarat dan Jadwal Lengkap Jalur Mandiri UNAIR 2024

Catat! Ini Syarat dan Jadwal Lengkap Jalur Mandiri UNAIR 2024

Universitas Airlangga (Unair) Surabaya telah mengumumkan jadwal Seleksi Mandiri Universitas Airlangga (SMUA). Ada empat jalur yang bisa dipilih, dengan jadwal yang berbeda-beda. Namun peserta bisa mendaftar lebih dari satu jalur mandiri. Nah, ini dia jadwal dan syarat...

Kenali Tipe Soal SNBT 2024 Lewat TryOut Online Gratis

Kenali Tipe Soal SNBT 2024 Lewat TryOut Online Gratis

Hallo Para Pejuang SNBT! Tes SNBT 2024 semakin dekat nih, gimana persiapan temen-temen dalam menghadapi UTBK nanti? Sudah siapkah menghadapi tipe soal snbt 2024, atau bingung, atau belum siap? Wah, jangan sampai sebelum berperang nanti, kamu belum menyiapkan kondisi...

Lengkap! Ini 74 Lokasi Tes SNBT 2024 di Tiap Provinsi

Lengkap! Ini 74 Lokasi Tes SNBT 2024 di Tiap Provinsi

Di akhir Maret 2024 ini, pendaftaran SNBT akan dimulai. Masih banyak nih guys yang bingung lokasi tes SNBT 2024 itu di kampus tujuan atau dekat sama domisili sih? Yang Betul dekat dengan domisili ya guys meski kampus impianmu di provinsi lain. Nah, kampus-kampus mana...

Taklukkan Tantangan untuk Persiapan Ujian Masuk Kedokteran Unair

Taklukkan Tantangan untuk Persiapan Ujian Masuk Kedokteran Unair

Menjadi salah satu Universitas Terbaik dengan jurusan kedokteran yang unggul, membuat Universitas Airlangga menjadi tujuan siswa-siswi SMA yang bercita-cita menjadi dokter. Persaingan di jurusan kedokteran semakin tahun juga semakin ketat, sehingga butuh persiapan...

Ikuti Program Persiapan UTBK-SNBT 2023 Kami

FREE TRYOUT

Latihan Soal Ujian SNBT 2023.

PAKET BIMBEL

Bimbel Masuk PTN SNBT 2023.