Literasi Bahasa Indonesia SNBT Latihan Soal Dan Pembahasan

oleh | Des 24, 2022 | Contoh Soal, Literasi Bahasa, Literasi Bahasa Indonesia

Literasi Bahasa Indonesia SNBT Latihan Soal Dan Pembahasan

Dilarang digunakan di Stadion, Gas Air Mata Bisa Sebabkan Kematian?

Tercatat lebih dari seratus orang tewas dan ratusan orang lamnya luka-luka akibat tragedi kericuhan yang terjadi di stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, pada Sabtu malam, 1 Oktober silam. Dalam konferensi pers mengenai Tragedi Kanjuruhan ini disebutkan, kebanyakan korhan berasal dari pihak suporter Arema, yakni Aremania. Korban jiwa dari pihak kepolisian berjumlah dua orang

Sampai berita ini diterbitkan. Dinas Kesehatan Kota Malang telah melaporkan 131 orang tewas dalam tragedi di Stadion Kanjuruhan. Banyak pihak mengkritik aksi polisi menembakkan gas air mata kepada suporter Arema di lapangan Stadion Kanjuruhan, bahkan juga ke arah tribun penonton, yang memicu kepanikan massal sehingga membuat orang berdesakan menuju pintu keluar. Hal ini menyebabkan penumpukan massa di dekat pintu keluar sehingga membuat banyak penonton sesak napas, lemas, dan bahkan terinjak-injak 

Kejadian ini sangat disayangkan, terutama terkait penggunaan gas air mata yang ditembakkan hingga puluhan kalt oleh pihak kepolisian. Padahal dalam aturan FIFA, badan pengatur sepak bola dunia, terkait pengamanan dan keamanan stadion (FIFA Stadium Saferty dan Security Regulations), petugas keamanan tidak diperbolehkan memakai gas air mata. 

Hal itu tertulis di pasal 19 B tentang petugas penjaga keamanan lapangan (pitchside stewards), yang berbunyi, “No firearms or ‘crowd control gas’ shall be carried or used.” Artinya, “senjata api atau ‘gas pengendali massa’ tidak boleh dibawa atau digunakan.” 

Dalam tragedi Kanjuruhan, polisi berdalih bahwa gas air mata ditembakkan untuk mereda kericulan. Namun, polisi tidak hanya menembakkan gas air mata ke arah suporter yang masuk ke lapangan, tapi juga ke tribun penonton sehingga memicu kepanikam.

Larangan penggunaan gas air mata di stadion bukanlah tanpa alasan, Gas air mata telah menjadi faktor dalam beberapa bencana stadion sebelumnya, karena orang-orang di kerumunan saling menekan saat mereka berusaha melarikan diri melalui pintu keluar yang terbatas atau bahkan terkunci. 

American Lung Association juga mencatat banyak dampak buruk yang bisa ditimbulkan oleh agen pengendali kerusuhan, atau yang sering disebut sebagai “gas air mata”. Mereka menjabarkan gas air mata adalah bahan kimia yang menyebabkan iritasi kulit, pernapasan, dan mata. Beberapa bahan kimia yang paling umum digunakan adalah chloroacetophenone (CN) yang merupakan polutan udara beracun, chlorobenzylidenemalononitrile (CS), chloropicrin (PS), bromobenzylcyanide (CA) dan dibenzoxazepine (CR).

Secara umum, paparan gas air mata dapat menyebabkan sesak dada, batuk, rasa tercekik, mengi dan sesak napas, rasa terbakar pada mata, mulut dan hidung, serta penglihatan kabur dan kesulitan menelan. Gas air mata juga dapat menyebabkan luka bakar kimia, reaksi alergi, dan gangguan pernapasan. Orang yang punya masalah pernapasan, seperti asma dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), memiliki risiko lebih tinggi mengalami gejala penyakit parah yang dapat menyebabkan gagal napas.

Efek kesehatan jangka panjang dari gas air mata lebih mungkin terjadi jika terpapar dalam waktu lama atau dalam dosis tinggi saat berada di area tertutup. Dalam kasus ini, dapat menyebabkan kegagalan pernapasan dan kematian.

Sebuah studi tahun 2017 dari data yang dikumpulkan selama 25 tahun pernah mencatat efek gas air mata pada tubuh manusia. Bahan kimia dan tabung yang digunakan untuk melepaskannya telah menyebabkan cedera parah, cacat permanen, dan kematian, seperti ditulis di Medical News Today.

Ada dua kematian yang tercatat dari 5.910 orang dalam penelitian ini. Yang pertama, pelepasan gas air mata di rumah seseorang menyebabkan kematian karena gagal pernapasan. Kematian kedua melibatkan dampak tabung gas air mata yang menyebabkan cedera kepala yang fatal.

Dalam penelitian ini, 58 orang melaporkan cacat permanen setelah terpapar gas air mata. Disabilitas tersebut antara lain terkait masalah pernapasan, efek kesehatan mental, kebutaan, kerusakan otak, kehilangan fungsi anggota badan, amputasi anggota badan, dan kondisi kulit.

 

Soal 1

Dari bacaan di atas, apa hasil studi di tahun 2017 tentang penggunaan gas air mata…

a. Gas air mata dapat menyebabkan luka fatal pada kepala
b. Tabung yang digunakan pada gas air mata dapat menyebabkan cacat permanen
c. Tercatat dapat menyebabkan cacat permanen akibat terpapar gas air mata bahkan kematian
d. Telah menyebabkan kematian pada lebih dari dua orang
e. Dari 5.910 orang dalam penelitian, lebih dari setengah mengalami cacat pemanen

Jawaban : C

Pembahasan:
Hasil studi di tahun 2017 tentang penggunaan gas air mata adalah tercatat dapat menyebabkan cacat permanen akibat terpapar gas air mata bahkan kematian. Jawaban A, B, D, dan E tidak sesuai dengan teks bacaan.

 

Soal 2

Bahan kimia apa yang merupakan polutan udara beracun yang digunakan pada gas air mata…

a. Chloroacetophenone (CN)
b. Chlorobenzylidenemalononitrile (CS)
c. Chloropicrin (PS)
d. Bromobenzylcyanide (CA)
e. Dibenzoxazepine (CR)

Jawaban: A

Pembahasan:
Berdasarkan bacaan di atas, polutan udara beracun yang digunakan pada gas air mata adalah Chloroacetophenone (CN).

 

Literasi Bahasa Indonesia SNBT Latihan Soal Dan Pembahasan

Cermati teks berikut!

7 Zat Kimia yang bersifat Korosif

Bahan kimia korosif adalah bahan yang dapat merangsang terjadinya karat pada bahan-bahan logam. Zat korosif akan merusak dan menghancurkan zat yang bersentuhan dengannya. Bahan korosif juga merupakan bahan yang dapat mengakibatkan kerusakan dan cacat permanen pada jaringan terkena bahan tersebut. Biasanya, zat yang bersifat korosif pada bahan kimia memiliki pH kurang dari 2 atau lebih dari 11,5, seperti disebutkan dalam buku bertajuk Pengelolaan Laboratorium IPA Sekolah oleh Ridwan Abdullah Sani.

Berikut beberapa contoh zat kimia yang bersifat korosif:

  • Asam klorida (HCI)
  • Asam sulfat (H2SO4) (H(NO3)2)
  • Asam nitrat
  • Formalin
  • Natrium Hidroksida (NaOH)
  • Asam Asetat (CH3(COOH)2)
  • Amonia

Dikarenakan adanya sifat korosif pada bahan kimia berbahaya, upayakan agar barang-barang di sekitar terhindar dari jangkauan zat korosif. Hendaknya melindungi tubuh dengan menggunakan perangkat pelindung, seperti sarung tangan, jas lab, dan kacamata.

Sifat Bahan Kimia Berbahaya Lainnya

  • Mudah Terbakar

Bahan kimia yang mudah terbakar dapat berwujud gas, cairan yang mudah menguap, serta dapat berwujud padat seperti debu yang mudah terbakar apabila bereaksi dengan udara. Upaya yang dapat dilakukan agar terhindar dari bahan kimia mudah terbakar adalah dengan tidak memanaskannya secara langsung pada pada permukaan panas, yakni menggunakan penangas air atau penangan uap. Contoh bahan kimia mudah. terbakar adalah karbon monoksida, hidrogen, gas metana, dan masih banyak lagi.

  • Oksidasi

Bahan kimia pengoksidasi dapat menimbulkan panas yang sangat tinggi jika berkontak langsung dengan bahan lainnya, terutama bahan yang mudah terbakar. Bahan kimia. pengoksidasi terbagi menjadi dua kelompok, yaitu bahan pengoksidasi organik dan anorganik. Bahan pengoksidasi organik adalah bahan yang dapat menimbulkan ledakan luar biasa. Sedangkan bahan pengoksidasi anorganik adalah bahan yang dapat menimbulkan bahaya api atau kebakaran. Beberapa contoh bahan kimia pengoksidasi adalah chlorate, perchlorate, peroksida, dan lain-lain.

  • Mudah Meledak

Peroksida merupakan bahan kimia yang mudah meledak. Akan tetapi bahan ini biasanya tidak tersedia, kecuali dicampurkan dengan bahan netral dengan persentase kecil sehingga dianggap mudah terbakar. Agar dapat menghindari terjadinya ledakan, biasakan bereksperimen di tempat terbuka atau di dalam lemari uap.

  • Beracun

Bahan kimia beracun dibedakan menjadi 3 kelompok besar berdasarkan tempat masuknya ke dalam tubuh manusia, yakni mulut, absorpsi kulit, dan pernapasan. Bahan beracun yang terhisap dapat mengakibatkan asfiksi (kesulitan bernapas) dan iritasi di jaringan saluran pernapasan dan paru-paru. Contoh bahan kimia beracun adalah amonia, hidrogen klorida, gas bromin, dan sebagainya. (Sumber: 7 Zat Kimia yang Bersifat Korosif (detik.com))

 

Soal 3

Manakah di bawah ini yang merupakan zat kimia yang bersifat oksidasi…

a. Chlorate, perchlorate, dan peroksida.
b. Chlorate, peroksida, dan hydrogen.
c. Ammonia, hydrogen klorida dan asam asetat.
d. Gas bromin. peroksida, dan formalin.
e. Karbon monoksida, gas metana, dan asam sulfat.

Jawaban : A

Pembahasan:
Zat kimia yang bersifat oksidasi adalah Chlorate, perchlorate, dan peroksida

 

Soal 4

Mengapa bahan kimia yang bersifat korosif sangat berbahaya….

a. Mudah meledak jika salah menggunakannya.
b. Mampu merusak dan membuat cacat permanen pada bagian yang terkena zat tersebut.
c. Mampu menyebabkan keracunan.
d. Dapat menimbulkan panas yang tinggi dan terbakar.
e. Membuat kesulitan bernafas.

Jawaban : B

Pembahasan:
Berdasarkan bacaan di atas bahan kimia yang bersifat korosif sangat berbahaya karena mampu merusak dan membuat cacat permanen pada bagian yang terkena zat tersebut. Jawaban yang tepat adalah B.

 

Literasi Bahasa Indonesia SNBT Latihan Soal Dan Pembahasan

Cermati teks berikut!

Dampak Letak Astronomis Indonesia

  • Memiliki Iklim Tropis

Indonesia terletak di sepanjang garis khatulistiwa sehingga memiliki iklim tropis. Wilayah negara dengan iklim tropis akan memperoleh sinar matahari sepanjang waktu. Wilayah tropis menyebabkan Indonesia hanya memiliki dua musim, yakni musim hujan dan musim kemarau. Kondisi ini berbeda dengan yang terjadi di negara-negara wilayah subtropis. Negara beriklim subtropis memiliki 4 musim, yaitu musim panas, musim dingin, musim semi, dan musim gugur.

  • Kelembaban Udara Tinggi

Pulau-pulau di Indonesia mudah dipengaruhi peredaran udara yang datang dari laut-laut yang mengelilinginya. Akibatnya, Indonesia banyak menerima hujan. Curah hujan yang tinggi menyebabkan kelembaban udara rata-rata yang tinggi pula.

  • Kaya Flora dan Fauna

Akibat curah hujan yang tinggi dan dikelilingi arus laut, Indonesia kaya akan flora dan fauna. Pasokan makanan dan mineral yang dibutuhkan untuk flora tumbuh sangat kaya dan beragam. Fauna juga disajikan dengan berbagai flora sebagai sumber daya makan. Kedua sumber daya alam ini merupakan kekayaan alam sekaligus kekuatan Indonesia.

  • Memiliki 3 Zona Waktu

Letak astronomis mempengaruhi perbedaan waktu yang ditetapkan mulai pada titik lintang dan bujur 0 derajat di Kota Greenwich, Inggris. Sesuai Keputusan Presiden No. 41 Tahun 1987, Indonesia terbagi atas 3 zona waktu, yaitu Waktu Indonesia bagian Barat (WIB), Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA). dan Waktu Indonesia bagian Timur (WIT). Zona waktu Indonesia membuat waktu di pulau Jawa akan berbeda dengan waktu di Bali maupun di Papua. (Sumber: Letak Astronomis dan Geografis Indonesia, Lengkap dengan Pengaruhnya(detik.com))

 

Soal 5

Dampak letak astronomis yang dirasakan di Indonesia, kecuali … 

a. Memiliki hanya dua musim di setiap tahunnya.
b. Memiliki perbedaan waktu di bagian barat dan timur Indonesia.
c. Kekayaan flora yang berlimpah.
d. Curah hujan yang sedang sehingga menjaga wilayah Indonesia tetap panas.
e. Membuat Indonesia beriklim tropis

Jawaban : D

Pembahasan:
Berdasarkan jawaban di atas Jawaban A, B,C, dan E adalah tepat. Sehingga jawaban dari pertanyaan di atas adalah B karena Curah hujan yang sedang sehingga menjaga wilayah Indonesia tetap panas bukan merupakan dampak letak astronomis yang dirasakan di Indonesia.

 

Soal 6

Apa isi Kepres No. 41 Tahun 1987…

a. Indonesia memiliki dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau
b.Indonesia kaya akan flora dan fauna yang harus dijaga.
c. Indonesia menjaga kekayaan sumber daya alam yang ada.
d. Indonesia memiliki beragam kekayaan mineral.
e. Indonesia terbagi menjadi tiga zona waktu.

Jawaban : E

Pembahasan:
Berdasarkan bacaan di atas isi Kepres No. 41 Tahun 1987 adalah Indonesia terbagi menjadi tiga zona waktu. Sehingga jawaban yang tepat adalah E.

Baca dengan seksama wacana berikut ini!

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Batang menurunkan relawan, untuk melakukan penyemprotan mengalami kenaikan drastis, untuk itu PMI Kabupaten Batang menerjunkan tim kembali untuk spraying disinfektan dan sosialisasi Perilaku Hidup Sehat dan Bersih (PHBS) pada masa pandemi Covid-19, mulai kemarin 24 Agustus 2020. “Minggu terakhir ini di Kabupaten Batang kasus positif Covid-19 justru disinfektan dan sosialisasi tentang protokol kesehatan yang harus dilakukan” kata Wakil Ketua III Pengurus PMI Kabupaten Batang Sri Mulyatno saat ditemui di Kantor PMI Kabupaten Batang, Rabu(26/8/2020). (sumber: corona.batangkab.go.id)

 

Soal 7

Berdasarkan bacaan diatas, Apa yang dilakukan PMI Kabupaten Batang untuk menangani kasus Covid-19…

a. Mengadakan kegiatan yang melibatkan banyak orang
b. Mengadakan Rapid Test massal
c. Memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak kasus-covid-19
d. Melakukan Spraying disinfektan dan sosialisasi tentang protokol Kesehatan
e. Mengadakan gotong royong jika tidak malas

Jawaban : D

Pembahasan:
Berdasarkan bacaan diatas, PMI melakukan Spraying disinfektan dan sosialisasi tentang protokol Kesehatan di Kabupaten Batang untung mengangani kasus Covid-19. Sehingga jawaban yang tepat adalah D.

 

Soal 8

Apa yang akan terjadi jika kita tidak menerapkan pola hidup sehat di tengah pandemi covid-19…

a. Tidak memedulikan pandemi covid-19
b. Menjadi malas bergerak
c. Percaya bahwa pola hidup tidak berpengaruh terhadap kesehatan seseorang
d. Tidak memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga pola hidup sehat di tengah pandemi covid-19
e. Sistem kekebalan tubuh menurun dan dapat terserang virus corona

Jawaban : E

Pembahasan:

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah E. Jika kita tidak menerapkan pola hidup sehat di tengah pandemi covid-19 maka sistem kekebalan tubuh akan menurun dan dapat terserang virus korona.

 

Literasi Bahasa Indonesia SNBT Latihan Soal Dan Pembahasan

Cermati bacaan berikut!

Kecepatan komputer mengolah informasi sangat ditentukan oleh prosesornya. Dalam teknologidigital silicon (konvensional), untuk meningkatkan kecepatan prosesor, kecepatan transistor dalam cip prosesor harus diting atkan. Upaya meningkatkan kerapatan transistor ini tidak mungkin dilakukan terus menerus tanpa batas karena suatu saat pasti akan diperkecil lagi. Pada keadaan ini perlu ditemukan teknologi baru, misalnya teknologi kuantum, untuk meningkatkan kecepatan prosesor.

Istilah kuantum (quantum) belakangan ini mulai popular dan sering digunakan dalam berbagai konsep yang memperkenalkan suatu pradigma baru, quantum learning, quantum teaching, quantum business, dan sebagainya. Kiranya tidak berlebihan jika dikatakan bahwa istilah kuantum pertama kali diperkenalkan oleh Max Planck, seorang fisikawan Jerman, dalam teori kuantum cahaya untuk menjelaskan radiasi benda hitam, secara tidak langsung teori inilah yang melahirkan fisika kuantum yang mempunyai efek dominan pada system dalam skala atomic.

Sejalan dengan perkembangan ilmu fisika dan informasi, belakangan ini telah mulai dikembangkan komputasi kuantum yang menggunakan prinsip-prinsip fisika kuantum. Komputasi kuantum ini nantinya diharapkan dapat melahirkan teknologi kuantum yang memungkinkan terobosan teknologi di masa depan (komputer kuantum) yang bekerja dengan cara yang sama sekali berbeda dengan komputer konvensional yang dikenal saat ini. (Dikutip dari harian Kompas).

 

Soal 9

Pernyataan berikut yang tidak sesuai dengan teks di atas adalah…

a. Dalam teknologi digital silicon (konvesional), untuk meningkatkan kecepatan prosesor, kecepatan transistor dalam cip prosesor harus diturunkan.
b. Kecepatan komputer mengolah informasi sangat ditentukan oleh prosesornya
c. Pengembangan komputasi kuantum yang menggunakan prinsip-prinsip fisika kuantum
d. Istilah kuantum pertama kali diperkenalkan oleh Max Planck, seorang fisikawan Jerman
e. Komputasi kuantum ini nantinya diharapkan dapat melahirkan teknologi kuantum yang memungkinkan terobosan teknologi

Jawaban : A

Pembahasan:
Jawaban B, C, D, dan E sesuai dengan teks di atas. Sehingga jawaban dari pertanyaan di atas adalah A karena tidak sesuai dengan isi teks.

 

Soal 10

Kecepatan pengolahan informasi masa depan dalam system komputer yang berteknologi digital silicon, seperti sekarang, tidak akan lagi diharapkan maksimum karena…

a. Cip prosesornya bermasalah
b. Ukuran transistornya tidak dapat lagi diperkecil
c. Transistornya sudah lemah
d. Teknologi bersifat konvensional
e. Kecepatan transistor bermasalah

Jawaban : B

Pembahasan:
Berdasarkan teks di atas, Kecepatan pengolahan informasi masa depan dalam system komputer yang berteknologi digital silicon, seperti sekarang, tidak akan lagi diharapkan maksimum karena Ukuran transistornya tidak dapat lagi diperkecil. Sehingga jawaban yang tepat adalah B.

 

Kenali Tipe Soal SNBT 2024 Lewat TryOut Online Gratis

Kenali Tipe Soal SNBT 2024 Lewat TryOut Online Gratis

Hallo Para Pejuang SNBT! Tes SNBT 2024 semakin dekat nih, gimana persiapan temen-temen dalam menghadapi UTBK nanti? Sudah siapkah menghadapi tipe soal snbt 2024, atau bingung, atau belum siap? Wah, jangan sampai sebelum berperang nanti, kamu belum menyiapkan kondisi...

Lengkap! Ini 74 Lokasi Tes SNBT 2024 di Tiap Provinsi

Lengkap! Ini 74 Lokasi Tes SNBT 2024 di Tiap Provinsi

Di akhir Maret 2024 ini, pendaftaran SNBT akan dimulai. Masih banyak nih guys yang bingung lokasi tes SNBT 2024 itu di kampus tujuan atau dekat sama domisili sih? Yang Betul dekat dengan domisili ya guys meski kampus impianmu di provinsi lain. Nah, kampus-kampus mana...

Taklukkan Tantangan untuk Persiapan Ujian Masuk Kedokteran Unair

Taklukkan Tantangan untuk Persiapan Ujian Masuk Kedokteran Unair

Menjadi salah satu Universitas Terbaik dengan jurusan kedokteran yang unggul, membuat Universitas Airlangga menjadi tujuan siswa-siswi SMA yang bercita-cita menjadi dokter. Persaingan di jurusan kedokteran semakin tahun juga semakin ketat, sehingga butuh persiapan...

5 Alasan Kamu Harus Les Online UTBK Terbaik Bersama Pejuang SNBT

5 Alasan Kamu Harus Les Online UTBK Terbaik Bersama Pejuang SNBT

Banyak siswa-siswi kelas XII yang menanti-nanti UTBK SNBT 2024 tiba. Tes ini akan menjadi salah satu pintu untuk masuk ke PTN favorit, menempuh program studi yang selama ini kamu impikan. Banyak juga yang mencari les online UTBK terbaik di kotanya. Tak jarang...

Ikuti Program Persiapan UTBK-SNBT 2023 Kami

FREE TRYOUT

Latihan Soal Ujian SNBT 2023.

PAKET BIMBEL

Bimbel Masuk PTN SNBT 2023.