Contoh Soal Penalaran Matematika Part 2

oleh | Mar 2, 2023 | Penalaran Matematika

Contoh Soal Penalaran Matematika Part 2

Soal 1
Perhatikan ilustrasi di bawah ini!

Dalam satu kelas terdiri dari beberapa siswa laki-laki dan beberapa siswa perempuan. Salah satu siswa laki-laki bernama Bryan dan salah satu siswa perempuan bernama Kezia. Banyak teman laki-laki Bryan di kelas tersebut sama dengan setengah dari banyak siswa perempuan. Banyak teman perempuan Kezia di kelas tersebut 1 lebihnya dari banyak siswa laki-laki.

Selisih banyaknya siswa laki-laki dan perempuan dalam kelompok belajar tersebut adalah… siswa

A. 0
B. 1
C. 2
D. 3
E. 4

Jawaban: C

Pembahasan:

Banyak siswa laki-laki = x
Banyak siswa perempuan = y

Dari soal diketahui bahwa banyak teman laki-laki Bryan sama dengan setengah dari banyak
siswa perempuan artinya banyak siswa laki-laki tanpa Bryan sama dengan setengah dari
banyak siswa perempuan.

x - 1 = \frac{1}{2}y
2x - 2 = y
2x - y = 2

Banyak teman perempuan Kezia di kelompok belajar tersebut 1 lebihnya dari banyak siswa
laki-laki. Hal ini berarti bahwa banyak siswa perempuan selain Kezia 1 lebihnya dari
banyaknya siswa laki-laki.

y - 1 = 1 + x
y - x = 2

dari persamaan 1 dan 2 kita dapat menemukan banyak siswa laki-laki dan perempuam dengan
cara eliminasi:

2x - y = 2
y - x = 2
————- +
x = 4

Substitusikan x = 4 ke persamaan 1

2 . 4 - y = 2
8 - y = 2
y = 6

Selisih banyaknya siswa laki-laki dan siswa perempuan dalam kelas itu

|y - x| = |6 - 4| = 2

Jadi selisih banyaknya siswa laki-laki dan perempuan dalam kelas itu

|y - x| = |6 - 4| = 2

Jadi selisih banyaknya siswa laki-laki dan perempuan dalam kelas tersebut adalah 2 siswa.

 

Soal 2
Perhatikan Ilustrasi di bawah ini!

Dalam satu kelas terdiri dari beberapa siswa laki-laki dan beberapa siswa perempuan. Salah satu siswa laki-laki bernama Bryan dan salah satu siswa perempuan bernama Kezia. Banyak teman laki-laki Bryan di kelas tersebut sama dengan setengah dari banyak siswa perempuan. Banyak teman perempuan Kezia di kelas tersebut 1 lebihnya dari banyak siswa laki-laki.

Pada Suatu hari akan diadakan lomba debat Bahasa Inggris berkelompok dengan jumlah anggota kelompok 2 anak. Tentukan banyak cara untuk memilih 2 siswa jika setidaknya terpilih 1 orang siswa laki-laki untuk mengikuti lomba debat adalah…

A. 6
B. 12
C. 24
D. 30
E. 36

Jawaban: D

Pembahasan:

Berdasarkan pembahasan nomor 1. Diketahui banyaknya siswa perempuan adalah 6 dan
banyaknya siswa laki-laki adalah 4. Sehingga, banyaknya cara untuk memilih 2 siswa jika
sedikitnya 1 siswa laki-laki terpilih yaitu:

  • 1 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan

C_{4}^{1}.C_{6}^{1} = \frac{4!}{1!(4 - 1)!}.\frac{6!}{1!(6 - 1)!} = \frac{4.3!}{1!.3!}.\frac{6.5!}{1!5!} = 24 cara

  • 2 siswa laki-laki

C_{4}^{2} = \frac{4!}{2!(4-2)!} = \frac{4.3.2!}{2!.2!} = 6 cara

Banyak cara = C_{4}^{1}.C_{6}^{1} + C_{4}^{2} = 24 + 6 = 30

Jadi, banyaknya cara untuk memiliki 2 siswa sedikitnya ada 1 siswa laki-laki ada 30
cara. Jawabannya adalah D.

 

Soal 3
Perhatikan ilustrasi di bawah ini!

Dalam satu kelas terdiri dari beberapa siswa laki-laki dan beberapa siswa perempuan. Salah satu siswa laki-laki bernama Bryan dan salah satu siswa perempuan bernama Kezia. Banyak teman laki-laki Bryan di kelas tersebut sama dengan setengah dari banyak siswa perempuan. Banyak teman perempuan Kezia di kelas tersebut 1 lebihnya dari banyak siswa laki-laki.

Pada suatu hari, mereka mengikuti ujian Matematika. Jika diketahui rata-rata kelas tersebut adalah 85. Rata-rata siswa perempuan di kelas tersebut adalah 90. Jika Bryan mendapatkan nilai 85 dan Kezia mendapatkan nilai 90. Maka rata-rata kelas tersebut tanpa nilai Bryan dan Kezia adalah…

A. 85
B. 83,375
C. 77,5
D. 84
E. 84,375

Jawaban: E

Pembahasan:

Berdasarkan pada pembahasan soal nomor 1 diperoleh bahwa banyaknya siswa laki-laki dan
perempuan berturut-turut adalah 4 dan 6. Sehingga total siswa di kelas tersebut adalah

n = x + y = 10

Dari soal diketahui nilai rata-rata \tilde{x} di kelas tersebut adalah 85. Sehingga total nilai di kelas tersebut adalah

\tildex{x}.n = 85.10 = 850

Nilai rata-rata siswa perempuan adalah 90 dan banyak siswa perempuan di kelas tersebut adalah 6. Sehingga total nilainya adalah…

\tilde{x}_{p}.n_{p} = 90.6 = 540

Rumus rata-rata untuk data kelompok adalah…

\tilde{x} = \frac{\tilde{x}_{p}.n_{p} + \tilde_{x}_{1}.n_{1}}{n}

\tilde{x}.n = \tilde{x}_{p}n_{p} + \tilde{x}_{1}n_{1}

850 = 540 + \tilde{x}_{1}n_{1}

310 = n_{1}\tilde{x}_{1}

Total nilai yang diperoleh anak laki-laki adalah 310. Jika Nilai Bryan 85 tidak diikutkan maka nilai dari 3 siswa laki-laki lainnya adalah…

3\tilde{x}_{1} = 310 - 85 = 225

Total nilai anak perempuan tanpa Kezia adalah

5x_{p} = 540 - 90 = 450

Rata-rata nilai siswa yang baru adalah…

\tilde{x}b = \frac{3\tilde{x}_{1} + 5\tilde{x}p}{3 + 5} = \frac{225 + 450}{8} = \frac{675}{8} = 84,375. Maka jawaban adalah E

 

Soal 4
Seorang peneliti sedang melakukan percobaan terhadap 100 ekor tikus. Tikus-tikus tersebut diletakkan di dalam satu kotak, tanpa diberikan makanan. Karena tikus-tikus tersebut sangat lapar, mereka mulai memakan sesamanya. Seekor tikus akan memakan seekor tikus setiap minggu untuk bertahan hidup. Bila seekor tikus tidak bisa makan seekor tikus yang lain, maka tikus tersebut akan mati.

Dari penjelasan di atas, berapakah jumlah tikus yang ada dalam kotak penelitian setelah minggu ke-5?

A. 1
B. 3
C. 5
D. 6
E. 0

Jawaban: B

Pembahasan:

Diketahui bahwa a = 100 ekor \rightarrow jumlah tikus mula-mula

Karena 1 ekor tikus memakan 1 ekor tikus lainnya, sehingga rasio dari soal tersebut adalah \frac{1}{2}.

Sehingga bisa dituliskan dalam bentuk barisan geometri:

U_{n} = ar^{n}

Dengan
a = 100 saat semua tikus dimasukan,
r = \frac{1}{2} \rightarrow rasio kematian
n minggu ke-n penelitian
Pada soal ditanya minggu ke-5 penelitian, sehingga n = 5.

u_{5} = ar^{5} = 100.(\frac{1}{2})^{5} = 100 (\frac{1}{32}) = 3,125

Karena tikus adalah makhluk hidup, maka pada minggu ke-5 sisa tikus yang masih hidup adalah 3.

 

Soal 5
Seorang peneliti sedang melakukan percobaan terhadap 100 ekor tikus. Tikus-tikus tersebut diletakkan di dalam satu kotak, tanpa diberikan makanan. Karena tikus-tikus tersebut sangat lapar, mereka mulai memakan sesamanya. Seekor tikus akan memakan seekor tikus setiap minggu untuk bertahan hidup. Bila seekor tikus tidak bisa makan seekor tikus yang lain, maka tikus tersebut akan mati. Dari penjelasan di atas, pada minggu berapakah tikus-tikus itu akan mati?

A. 5
B. 6
C. 7
D. 8
E. 9

Jawaban: C

Pembahasan:

Sebelum tikus-tikus itu mati, akan tersisa 1 ekor tikus yang mampu bertahan hidup pada 1 minggu sebelum. Karena 1 ekor tikus memakan 1 ekor tikus lainnya, sehingga rasio dari soal tersebut adalah \frac{1}{2}. Sehingga bisa dituliskan dalam bentuk barisan geometri:

U_{n} = ar^{n}

Dengan
a = 100 ssaat semua tikus dimasukan
r = \frac{1}{2} \rightarrow rasio kematian
n minggu ke-n penelitian

Jika pada minggu ke- n - 1 diasumsikan tersisa 1 ekor tikus, maka
u_{n-1} = ar^{n-1}
1 = 100.(\frac{1}{2})^{n-1}
\frac{1}{100} = (\frac{1}{2})^{n-1}
log\frac{1}{100} = log(\frac{1}{2})^{n1}
log100^{-1} = (n - 1)log\frac{1}{2}
\frac{log100^{-1}}{log\frac{1}{2}} = n -1
\frac{log100}{log2} = n - 1
6,67 = n - 1
7,67 = n

karena jika ada tikus yang tidak memakan tikus lainnya, maka tikus tersebut akan mati, sehingga nilai decimal dalam hasil yang diperoleh menunjukkan waktu tikus yang tidak dapat memakan tikus lainnya, dan dapat diabaikan. Sehingga tikus-tikus tersebut akan mati semua pada minggu ke-7. Maka jawabannya adalah C

Contoh Soal Penalaran Matematika Part 3

Contoh Soal Penalaran Matematika Part 3

Soal 1 Sebuah perusahaan memiliki 3 cabang di kota X, Y, dan Z. Setiap cabang menjual produk A, B, dan C. Harga jual setiap produk di setiap cabang adalah sebagai berikut: Harga jual produk A di cabang X: Rp 100.000 Harga jual produk B di cabang X: Rp 150.000 Harga...

Contoh Soal Pengetahuan Kuantitatif Part 4

Contoh Soal Pengetahuan Kuantitatif Part 4

1. Matriks A memiliki invers 2 -1 2 1 dan memenuhi A3-c 4+d =c d untuk suatu bilangan real c dan d. Berdasarkan informasi yang diberikan, manakah hubungan antara kuantitas P dan Q berikut yang benar? P Q d - c 1 A. Kuantitas P lebih besar daripada Q B. Kuantitas P...

Penalaran Umum SNBT Latihan Soal Dan Pembahasan Part 3

Penalaran Umum SNBT Latihan Soal Dan Pembahasan Part 3

Contoh Soal 10 Perhatikan pernyataan berikut. (1) Semua siswa kelas V mahir bermain kelereng. (2) Tidak ada siswa kelas V yang mahir bermain kelereng dan layang-layang sekaligus. (3) Anggi mahir bermain layang-layang. Mana pernyataan yang sesuai dengan tiga premis di...

Penalaran Umum SNBT Latihan Soal Dan Pembahasan Part 2

Penalaran Umum SNBT Latihan Soal Dan Pembahasan Part 2

Contoh Soal 6 Kontraktor akan melakukan pembangunan sebuah gedung dengan mempertimbangkan beberapa kondisi berikut. Jika pencairan anggaran berjalan lancar, waktu penyelesaian pekerjaan lebih cepat 15%. Jika peralatan tersedia lengkap, pekerjaan dapat diselesaikan...

Contoh Soal Literasi Dalam Bahasa Inggris Part 4

Contoh Soal Literasi Dalam Bahasa Inggris Part 4

Text Hepatitis is an inflammation of the liver that is caused by a variety of infectious viruses and noninfectious agents leading to a range of health problems, some of which can be fatal. There are five main strains of the hepatitis virus, referred to as types A, B,...

Ikuti Program Persiapan UTBK-SNBT 2023 Kami

FREE TRYOUT

Latihan Soal Ujian SNBT 2023.

PAKET BIMBEL

Bimbel Masuk PTN SNBT 2023.