Tahapan Pendaftaran UTBK SNBT

oleh | Des 30, 2022 | Info SNBT

Tahapan Pendaftaran UTBK SNBT

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pendaftaran UTBK SNBT merupakan tahap yang tidak boleh diabaikan bagi para calon mahasiswa yang ingin masuk perguruan tinggi negeri. Namun, tahap ini tentunya tidak mudah dan membutuhkan persiapan yang matang. Oleh karena itu, sangat penting bagi para calon mahasiswa untuk mengetahui tahapan-tahapan yang harus dilalui selama proses pendaftaran UTBK SNBT.

Pendaftaran UTBK SNBT merupakan tahapan penting bagi calon mahasiswa yang ingin mengikuti Ujian Tinggi Nasional (SNBT) pada tahun 2023. Proses pendaftaran akan membantu calon mahasiswa menentukan program studi yang sesuai dengan minat dan kemampuan, serta mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian tes yang akan datang.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tahap-tahap pendaftaran UTBK SNBT secara lebih detail.

Informasi Tahapan Pendaftaran UTBK SNBT

Penjelasan Pendaftaran UTBK SNBT

  • Registrasi Akun SNBT

Calon pendaftar UTBK-SNBT (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Berdasarkan Test) wajib menggunakan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional), dan Tanggal Lahir saat mendaftar melalui laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. Ini merupakan syarat yang harus dipenuhi oleh semua calon pendaftar UTBK-SNBT. NISN adalah nomor identitas yang diberikan kepada siswa sekolah menengah atas (SMA) atau madrasah aliyah (MA) yang terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Indonesia. NPSN adalah nomor identitas sekolah yang terdaftar di Kemdikbud Indonesia. Sedangkan tanggal lahir merupakan tanggal kelahiran yang telah tercatat pada dokumen identitas diri calon pendaftar. Informasi mengenai NISN, NPSN, dan tanggal lahir akan digunakan sebagai verifikasi identitas calon pendaftar UTBK-SNBT di laman tersebut.

  • Login

Untuk dapat login ke laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id, calon pendaftar UTBK-SNBT (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Berdasarkan Test) harus memiliki akun SNPMB (Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Berbasis Kemampuan).  Akun SNPMB adalah akun yang diberikan kepada calon pendaftar UTBK-SNBT yang telah terdaftar di sistem ini dan dapat digunakan untuk melakukan login ke laman tersebut. Setelah login dengan menggunakan akun SNPMB, calon pendaftar dapat mengakses berbagai fitur yang tersedia di laman ini, seperti melakukan pendaftaran UTBK-SNBT, melihat informasi mengenai jadwal UTBK-SNBT, dan lain sebagainya. Calon pendaftar UTBK-SNBT yang belum memiliki akun SNPMB dapat mendaftar melalui laman tersebut dengan mengikuti petunjuk yang tersedia.

  • Memilih Menu Verifikasi dan Validasi Data

Untuk memverifikasi dan memvalidasi data diri calon pendaftar UTBK-SNBT (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Berdasarkan Test), calon pendaftar terlebih dahulu harus login ke laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id dengan menggunakan akun SNPMB yang telah didaftarkan sebelumnya. Setelah login, calon pendaftar dapat memilih menu “Verifikasi dan Validasi Data” yang terdapat di menu utama laman tersebut.

Kemudian, calon pendaftar harus mengisi dan melengkapi biodata yang terdapat di form yang disediakan, sesuai dengan data diri yang tercatat pada dokumen identitas diri. Selain itu, calon pendaftar juga harus mengunggah pas foto berwarna terbaru yang telah di-capture sesuai dengan persyaratan yang ditentukan. Setelah biodata dan pas foto telah terisi dan terunggah dengan benar, calon pendaftar dapat melanjutkan ke tahap verifikasi biodata dengan mengklik tombol yang tersedia di laman tersebut.

Jika calon pendaftar merupakan peserta dengan tuna netra atau low vision, maka calon pendaftar harus mengunduh dan mengunggah pernyataan tuna netra/low vision yang telah ditandatangani oleh dokter spesialis mata. Pernyataan tersebut harus diunggah ke dalam sistem sebagai bukti bahwa calon pendaftar memenuhi syarat sebagai peserta dengan tuna netra atau low vision. Setelah verifikasi biodata dan unggahan pernyataan tuna netra/low vision selesai, calon pendaftar dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya dalam proses pendaftaran UTBK-SNBT.

  • Memilih Menu Pendaftaran UTBK-SNBT

Untuk memulai proses pendaftaran UTBK-SNBT (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Berdasarkan Test), calon pendaftar harus login ke laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id dengan menggunakan akun SNPMB yang telah didaftarkan sebelumnya. Ketika login, calon pendaftar dapat memilih menu “Pendaftaran UTBK-SNBT” yang terdapat di menu utama laman tersebut.

Di menu ini, calon pendaftar harus memilih program studi yang ingin dipilih sesuai dengan minat dan kemampuan yang dimiliki. Calon pendaftar juga harus mengunggah portofolio yang merupakan kumpulan dokumen yang menjelaskan prestasi-prestasi yang telah dicapai oleh calon pendaftar, seperti sertifikat prestasi di bidang akademik maupun non-akademik. Selanjutnya, calon pendaftar harus memilih Pusat UTBK PTN yang akan diikuti. Pusat UTBK merupakan tempat dimana calon pendaftar akan mengikuti ujian tulis UTBK-SNBT.

Setelah memilih Pusat UTBK PTN, calon pendaftar akan menerima slip pembayaran biaya UTBK yang berisi informasi mengenai biaya yang harus dibayarkan untuk mengikuti ujian tulis UTBK-SNBT. Slip pembayaran biaya UTBK ini harus dicetak dan dibawa saat melakukan pembayaran biaya UTBK di bank yang telah ditentukan. Ketika pembayaran biaya UTBK selesai dilakukan, maka dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya dalam proses pendaftaran UTBK-SNBT.

  • Membayar 

Pembayaran merupakan salah satu tahap penting dalam proses pendaftaran UTBK-SNBT (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Berdasarkan Test). Calon pendaftar harus membayar biaya UTBK yang telah ditentukan untuk dapat mengikuti ujian tulis UTBK-SNBT.

Biaya UTBK terdiri dari biaya administrasi dan biaya ujian tulis UTBK-SNBT. Calon pendaftar dapat melakukan pembayaran biaya tes dengan menggunakan slip pembayaran biaya UTBK yang telah diterima setelah memilih Pusat UTBK SNBT di laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

Slip pembayaran biaya UTBK tersebut harus dicetak dan dibawa saat melakukan pembayaran di bank yang telah ditentukan. Pembayaran biaya UTBK harus dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh panitia UTBK-SNBT.

Jadwal pembayaran biaya UTBK akan diumumkan kemudian melalui laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id atau melalui media lain yang telah ditentukan oleh panitia UTBK-SNBT. Calon pendaftar harus memastikan bahwa pembayaran biaya UTBK telah selesai dilakukan sebelum jadwal ujian tulis UTBK-SNBT tiba.

  • Mencetak Kartu Peserta UTBK-SNBT

Kartu Peserta UTBK-SNBT (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Berdasarkan Test) merupakan dokumen yang wajib dibawa oleh calon pendaftar UTBK-SNBT saat mengikuti ujian tulis UTBK-SNBT. Kartu Peserta UTBK-SNBT berisi informasi mengenai identitas calon pendaftar UTBK-SNBT, seperti nama, nomor peserta, dan jadwal ujian tulis UTBK-SNBT yang akan diikuti.

Untuk mencetak Kartu Peserta UTBK-SNBT, calon pendaftar UTBK-SNBT harus login ke laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id dengan menggunakan akun SNPMB yang telah didaftarkan sebelumnya. Setelah login, calon pendaftar harus memilih menu “Pendaftaran UTBK-SNBT” yang terdapat di menu utama laman tersebut.

Di menu ini, calon pendaftar dapat mengunduh Kartu Peserta UTBK-SNBT dengan mengklik tombol yang tersedia. Setelah Kartu Peserta UTBK-SNBT berhasil diunduh, calon pendaftar harus mencetak Kartu Peserta UTBK-SNBT tersebut dan membawa Kartu Peserta UTBK-SNBT tersebut saat mengikuti ujian tulis UTBK-SNBT. Calon pendaftar harus memastikan bahwa Kartu Peserta UTBK-SNBT yang dicetak telah sesuai dengan informasi yang tercantum di dalamnya, sebelum mengikuti ujian tulis UTBK-SNBT.

Kenali Tipe Soal SNBT 2024 Lewat TryOut Online Gratis

Kenali Tipe Soal SNBT 2024 Lewat TryOut Online Gratis

Hallo Para Pejuang SNBT! Tes SNBT 2024 semakin dekat nih, gimana persiapan temen-temen dalam menghadapi UTBK nanti? Sudah siapkah menghadapi tipe soal snbt 2024, atau bingung, atau belum siap? Wah, jangan sampai sebelum berperang nanti, kamu belum menyiapkan kondisi...

Lengkap! Ini 74 Lokasi Tes SNBT 2024 di Tiap Provinsi

Lengkap! Ini 74 Lokasi Tes SNBT 2024 di Tiap Provinsi

Di akhir Maret 2024 ini, pendaftaran SNBT akan dimulai. Masih banyak nih guys yang bingung lokasi tes SNBT 2024 itu di kampus tujuan atau dekat sama domisili sih? Yang Betul dekat dengan domisili ya guys meski kampus impianmu di provinsi lain. Nah, kampus-kampus mana...

Taklukkan Tantangan untuk Persiapan Ujian Masuk Kedokteran Unair

Taklukkan Tantangan untuk Persiapan Ujian Masuk Kedokteran Unair

Menjadi salah satu Universitas Terbaik dengan jurusan kedokteran yang unggul, membuat Universitas Airlangga menjadi tujuan siswa-siswi SMA yang bercita-cita menjadi dokter. Persaingan di jurusan kedokteran semakin tahun juga semakin ketat, sehingga butuh persiapan...

5 Alasan Kamu Harus Les Online UTBK Terbaik Bersama Pejuang SNBT

5 Alasan Kamu Harus Les Online UTBK Terbaik Bersama Pejuang SNBT

Banyak siswa-siswi kelas XII yang menanti-nanti UTBK SNBT 2024 tiba. Tes ini akan menjadi salah satu pintu untuk masuk ke PTN favorit, menempuh program studi yang selama ini kamu impikan. Banyak juga yang mencari les online UTBK terbaik di kotanya. Tak jarang...

Ikuti Program Persiapan UTBK-SNBT 2023 Kami

FREE TRYOUT

Latihan Soal Ujian SNBT 2023.

PAKET BIMBEL

Bimbel Masuk PTN SNBT 2023.