Siswa Yang Tidak Bisa Mengikuti SNBT 2023

oleh | Des 16, 2022 | Info SNBT

Siswa Yang Tidak Bisa Mengikuti SNBT 2023

Penerimaan Mahasiswa Baru berbasis tes sekarang telah memiliki sebutan baru dengan SNBT yaitu (Seleksi Nasional Berbasis Tes).

Semua peserta SNBT akan memulai ujian kemampuan skolastik di bulan Mei 2023.

Dari mengikuti ketentuan baru saat ini semua siswa bisa memilih program studi (prodi) lintas maupun lintas jurusan sesuai jurusan yang sama seperti di sekolahnya.

Siswa yang diperbolehkan mengikuti SNBT tahun ini hanya siswa angkatan 2021 hingga 2023 dengan maksimal usia 25 tahun saja.

Tidak hanya disitu, masih ada kategori peserta yang tidak boleh mendaftarkan diri pada SNBT 2023 nanti.

Berikut ini kategori Siswa Yang Tidak Bisa Mengikuti SNBT 2023

Siswa yang tidak bisa mengikuti SNBT 2023 ialah siswa yang sudah lolos SNMPTN yaitu (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) di tahun 2021, 2022 maupun SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) 2023.

Ketentuan tersebut dinyatakan Pada hari Kamis (15/12/2022) oleh Wakil Ketua I SNPMB Prof Yuliandri menyatakan pada Sosialisasi SNMPB 2023 di UPN Veteran Jakarta.

“Dulu, anak-anak kita masuk di jalur SNMPTN atau kini SNBP, kemudian lulus, tetapi tidak mendaftar (ulang ke PTN yang menerimanya), maka konsekuensi yang disampaikan adalah mereka tidak boleh lagi ikut untuk SNBT, tidak boleh ikut.”

Syarat SNBT 2023

  • Siswa SMA, MA, SMK, atau sederajat lulusan 2021, 2022, 2023, usia maksimal 25 tahun per 1 Juli 2023
  • Tiap peserta dari jurusan IPA, IPS, atau Bahasa diizinkan memilih prodi di PTN (Merdeka Bertanggung Jawab)
  • Hasil UTBK 2023 hanya berlaku untuk 2023
  • Membayar biaya UTBK Rp 200 ribu
  • Siswa SMA, MA, SMK, atau sederajat lulusan 2021 dan 2022 harus sudah memiliki ijazah, lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan.
  • Siswa SMA, MA,SMK, atau sederajat lulusan 2023 membawa surat keterangan yang sesuai, seperti surat keterangan lulus atau surat keterangan kelas 12.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  • Peserta yang memilih program studi di bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio.

Bagi siswa yang ingin lebih fokus dalam belajar dan mempersiapkan diri untuk masuk ke perguruan tinggi favorit silahkan bergabung pada program belajar bimbel SNBT online maupun offline disini.

Bimbel SNBT 2023 kami juga menyediakan layanan konsultasi untuk membantu siswa menentukan pilihan universitas dan jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat para siswa.

Kenali Tipe Soal SNBT 2024 Lewat TryOut Online Gratis

Kenali Tipe Soal SNBT 2024 Lewat TryOut Online Gratis

Hallo Para Pejuang SNBT! Tes SNBT 2024 semakin dekat nih, gimana persiapan temen-temen dalam menghadapi UTBK nanti? Sudah siapkah menghadapi tipe soal snbt 2024, atau bingung, atau belum siap? Wah, jangan sampai sebelum berperang nanti, kamu belum menyiapkan kondisi...

Lengkap! Ini 74 Lokasi Tes SNBT 2024 di Tiap Provinsi

Lengkap! Ini 74 Lokasi Tes SNBT 2024 di Tiap Provinsi

Di akhir Maret 2024 ini, pendaftaran SNBT akan dimulai. Masih banyak nih guys yang bingung lokasi tes SNBT 2024 itu di kampus tujuan atau dekat sama domisili sih? Yang Betul dekat dengan domisili ya guys meski kampus impianmu di provinsi lain. Nah, kampus-kampus mana...

Taklukkan Tantangan untuk Persiapan Ujian Masuk Kedokteran Unair

Taklukkan Tantangan untuk Persiapan Ujian Masuk Kedokteran Unair

Menjadi salah satu Universitas Terbaik dengan jurusan kedokteran yang unggul, membuat Universitas Airlangga menjadi tujuan siswa-siswi SMA yang bercita-cita menjadi dokter. Persaingan di jurusan kedokteran semakin tahun juga semakin ketat, sehingga butuh persiapan...

5 Alasan Kamu Harus Les Online UTBK Terbaik Bersama Pejuang SNBT

5 Alasan Kamu Harus Les Online UTBK Terbaik Bersama Pejuang SNBT

Banyak siswa-siswi kelas XII yang menanti-nanti UTBK SNBT 2024 tiba. Tes ini akan menjadi salah satu pintu untuk masuk ke PTN favorit, menempuh program studi yang selama ini kamu impikan. Banyak juga yang mencari les online UTBK terbaik di kotanya. Tak jarang...

Ikuti Program Persiapan UTBK-SNBT 2023 Kami

FREE TRYOUT

Latihan Soal Ujian SNBT 2023.

PAKET BIMBEL

Bimbel Masuk PTN SNBT 2023.